Tips Memilih Gypsum dan Ketahui Fakta-faktanya

Tips Memilih Gypsum dan Ketahui Fakta-faktanya

Sudah tahu tentang gypsum? Gypsum adalah salah satu contoh dari sebuah mineral yang memiliki kadar kalsium yang sangat tinggi atau mendominasi. Gypsum yang paling banyak ditemukan atau yang umum diketahui oleh masyarakat adalah gypsum yang berjenis hidrat kalsium sulfat. Sebagai salah satu jenis dari bahan kimia, gypsum adalah bahan kimia yang mudah menguap.

Seperti halnya bahan-bahan kimia lainnya yang bisa bermanfaat untuk kehidupan manusia. Begitu pula dengan gypsum yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan bangunan atau untuk desain interior. Gypsum juga kerap digunakan sebagai perekat atau juga bisa digunakan untuk membantu membuat bahan makanan.

Jenis-jenis Gypsum

Gypsum dibagi menjadi tiga jenis yang memiliki tampilan dan juga tekstur yang berbeda. Jenis gypsum pun dibagi menjadi tiga yang bisa anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

  1. Gypsum selenite

Gypsum jenis selenit memiliki bentuk yang pipih dan beberapa di antaranya memiliki kristal yang ganda. Tampilan dari gypsum selenite adalah memiliki serabut yang lembut seperti butiran kecil yang sangat halus.

  1. Gypsum alabaster

Gypsum jenis alabaster memiliki tampilan warna yang lebih putih dan lebih terlihat bersih. Jenis gypsum yang satu ini kerap digunakan sebagai bahan baku aksesori, hiasan atau pajangan, bahkan ornament pada bangunan.

  1. Gypsum desert

Gypsum jenis desert memiliki tampilan yang berbeda dari yang lain. Jenis gypsum satu ini memiliki bentuk seperti bunga yang sedang mekar dan memiliki sifat layaknya pasir. Sesuai dengan Namanya, gypsum desert dapat ditemukan di daerah yang kering dan gersang.

Tips Memilih Gypsum

Gypsum kerap digunakan sebagai pelengkap bangunan atau sering digunakan untuk hiasan rumah. Oleh karena anda perlu mengetahui beberapa hal dalam memilih gypsum supaya gypsum yang digunakan tidak mengecewakan dan juga awet. Beberapa tips yang bisa diterapkan dalam memilih gypsum untuk bahan bangunan antara lain.

  1. Memilih gypsum dari stokis yang terpercaya

Pastikan anda membeli gypsum di tempat yang terpercaya. Belilah gypsum dari ahlinya sehingga ia bisa memberikan gypsum dengan kualitas yang terbaik. Pentingnya memilih gypsum dari tempat yang terpercaya adalah agar gypsum yang dibeli memiliki proporsi yang sempurna.

  1. Pastikan gypsum asli

Memastikan gypsum adalah asli juga sangat penting. Hal ini juga yang membuat anda harus membeli gypsum dari tempat yang sudah terpercaya sebab gypsum yang tidak asli akan cepat rusak dan pastinya mengganggu keindahan bangunan atau rumah anda.

  1. Pilih gypsum sesuai kebutuhan

Setelah mengetahui beberapa jenis gypsum di atas anda bisa menerapkan dengan kebutuhan. Jenis gypsum yang berbeda tentunya akan memberikan hasil yang berbeda pula ketika diaplikasikan. Jangan sampai anda salah memilih jenis gypsum. Seperti contohnya memilih jenis gypsum yang biasa dibuat perhiasan untuk membuat plafon.

Fakta-fakta dari Gypsum

Ada beberapa fakta menarik dari bahan kimia yang bernama gypsum ini. Gypsum tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan ketika akan diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari. Beberapa fakta ari gypsum di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Gypsum memiliki bobot yang ringan dan juga fleksibel

Bahan kimia atau material satu ini memiliki bobot atau masa yang cukup ringan akan tetapi fleksibel dan bisa digunakan dengan membentuknya sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, gypsum banyak dipilih untuk membuat bangunan atau untuk membuat hiasan-hiasan.

Meski ringan bukan berarti gypsum rapuh. Gypsum bisa diaplikasikan dan dibentuk menjadi beragam bentuk yang cantik dan menarik. Bukan hanya untuk perhiasan atau akesoris saja akan tetapi gypsum juga bisa dibentuk menjadi beragam dekorasi rumah atau bangunan yang cantik.

  1. Pemasangan gypsum lebih cepat dan juga lebih mudah dari material lainnya

Selain lebih fleksibel dan ringan, pemasangan gypsum juga lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan dengan bahan atau material lainnya. Bentuk gypsum yang seperti lembaran dan lebar membuat proses pemasangannya menjadi lebih cepat, efisien dan tidak perlu banyak tenaga.

  1. Hasil akhir lebih rata dan juga lebih mulus

Penggunaan gypsum sebagai bahan pelengkap bangunan akan membuat tampilan atau hasil akhir menjadi lebih bagus dan juga rapi. Bahan gypsum yang mudah dibentuk membuatnya terlihat lebih rapi daripada material lainnya. Sifat dari gypsum adalah menyerap cairan sehingga anda hanya perlu mengoleskan cat tanpa perlu diblok lagi.

  1. Perbaikan dan juga biaya perawatan lebih murah

Biaya perbaikan dan juga perawatan untuk gypsum sangatlah murah. Hal ini tentu menjadi kelebihan lain dari material ini dan juga membuatnya semakin banyak dipilih untuk digunakan pada bahan bangunan.

  1. Anti rayap dan tidak mudah terbakar

Material seperti gypsum ini tidak mudah terbakar dan tidak mudah dimakan rayap. Sehingga anda tak perlu khawatir bahwa gypsum yang anda pasang akan keropos. Sifat gypsum juga tidak menyebarkan panas atau seperti isolator sehingga tidak mudah terbakar.

  1. Lebih mudah rapuh dan juga tidak tahan air

Memiliki beragam keunikan dan juga kelebihan, bukan berarti membuat gypsum tidak memiliki kekurangan. Nyatanya material satu ini sangat tidak tahan air. Gypsum akan menyerap air dengan mudah sehingga ketika berada pada tempat yang lembap, gypsum bisa dengan cepat rusak. Di samping itu, gypsum juga mudah rapuh.

Material satu ini tidak bisa menahan beban yang berat sehingga ia sangat mudah rapuh dan rusak. Kerusakan gypsum biasanya ditandai dengan adanya retakan.

Di atas adalah beberapa fakta mengenai gypsum, dilengkapi dengan cara memilih gypsum yang bagus dan juga jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.