Hindari 6 Makanan Ini Saat Dada Sebelah Kiri Sakit

Hindari 6 Makanan Ini Saat Dada Sebelah Kiri Sakit

Makanan merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh pada kesehatan Anda, terutama bagian jantung. Saat Anda mulai merasa dada sebelah kiri sakit, Anda harus sadar bahwa kemungkinan sedang ada masalah dengan jantung Anda. Agar kondisinya tak semakin buruk, konsumsilah makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan hindari 6 jenis makanan berikut ini

  1. Makanan yang tinggi kandungan gula, garam serta lemaknya

Dilansir dari WebMD.com, makanan yang mengandung kadar gula, garam serta lemak yang tinggi meningkatkan kemungkinan Anda terkena serangan jantung bahkan stroke. Hal ini tentu saja akan semakin buruk jika Anda mengonsumsinya secara terus-menerus. Aturlah pola makan Anda dengan baik. Minimalisir pengonsumsian makanan ini dan perbanyak asupan buah dan sayur.

  1. Daging merah

Cita rasa dari daging merah yang lezat, membuatnya menjadi makanan favorit banyak orang. Namun, jangan mengonsumsinya terus-menerus ya. Kemungkinan Anda terkena serangan jantung dan diabetes sangatlah tinggi, jika terus-terusan mengonsumsi daging merah. Kandungan lemak jenuh yang tinggi pada daging merah, membuat kadar kolesterol dalam tubuh Anda meningkat.

  1. Minuman bersoda

Saat merasa dada sebelah kiri sakit, salah satu tindakan yang harus Anda ambil adalah mengurangi konsumsi minuman yang bersoda. Kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda berpotensi membuat menderita penyakit jantung, hipertensi, obesitas dan diabetes. Dibanding mengonsumsi minuman bersoda, perbanyaklah konsumsi air putih Anda tiap harinya.

  1. Kue kering

Kue kering seringkali menjadi cemilan favorit saat sedang santai, namun batasi komsumsinya, ya. Kadar gula yang tinggi pada kue kering bisa memicu meningkatnya level trigliserida dalam darah, sehingga Anda rentan terkena penyakit jantung. Untuk mengantisipasinya, buatlah sendiri kue kering kesukaan Anda dengan membatasi jumlah gula dan margarin yang digunakan.

  1. Ayam goreng

Siapa yang bisa menolak sajian ayam goreng dengan kulitnya yang krispi? Namun dibalik itu, resiko penyakit jantung juga menghampiri Anda. Ayam goreng dipenuhi oleh kalori, lemak dan sodium berlebih yang buruk dampaknya bagi tubuh, terutama jantung. Supaya lebih sehat, buat sendiri olahan ayam favorit Anda dengan menggorengnya menggunakan minyak rendah lemak.

  1. Pizza

Kebanyakan pizza yang dijual di gerai makanan cepat saji, mengandung zat yang tak baik bagi tubuh, terutama sekali jantung Anda. Pizza mengandung kadar sodium, lemak, dan kalori yang tinggi, sehingga meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Untuk menyiasatinya, belilah pizza dengan topping sayur-sayuran serta hindari topping berupa dagin dan keju berlebihan.

Dada sebelah kiri sakit hanyalah gejala awal dari penyakit besar dibaliknya, penyakit jantung. Pola makan sehat bisa jadi solusi untuk menghindari hal buruk semakin terjadi. Selain dengan membaca informasi kesehatan jantung di Orami.co.id, rutinlah memeriksakan kesehatan jantung Anda terutama saat nyeri dada mulai rajin menghampiri.