Alasan Data Center TierIII Jadi Fasilitas Layanan Handal

Alasan Data Center TierIII Jadi Fasilitas Layanan Handal

Sudahkah Anda memahami apa itu tier dalam pusat data? Tier adalah tingkatan kehandalan sistem pusat data. Data center tier III adalah yang mumpuni sebagai fasilitas layanan akses data yang handal. Penyimpanan data secara utuh dan non stop adalah tujuan pemakaian infrastruktur tier III ini. Secara lebih detailnya, inilah alasan tier III jadi fasilitas andalan.

  1. Waktu Downtime Singkat

Downtime atau waktu tunda adalah waktu yang diperlukan oleh suatu sistem untuk kembali normal dari suatu gangguan atau kerusakan. Infrastruktur sistem yang dibentuk dengan tier III ini sangatlah mendukung untuk meminimalisir downtime. Hal ini sangat berguna bagi kelancaran penyimpanan, pengelolaan, dan akses data.

Dengan downtime yang singkat ini, Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam pengaksesan data setiap waktu. Semua data yang diperlukan bisa diakses dengan risiko yang minim. Gangguan sistem dari pusat data yang menggunakan tier III memang lebih jarang terjadi. Apabila terjadi, sistemnya akan lebih cepat dalam mengatasinya.

  1. Pengolahan Data Real Time

Pengolahan data di pusat data memang lebih baik jika menggunakan rangkaian sistem tier III. Anda akan mendapatkan beragam hal yang diiinginkan untuk kebutuhan informasi komunikasi secara digital. Pengolahan data yang realtime ini akan memudahkan dalam mengakses data secara cepat dan tidak akan mengalami kerusakan atau kehilangan data.

Pengolahan data yang real time ini juga dipengaruhi oleh sistem keamanan yang dipasang dalam sistem data center. Dalam data center tingkat III ini, semua infrastrukturnya tersusun dengan rangkaian yang memenuhi kriteria dan komponen penyusunnya sudah berteknologi tinggi. Dengan demikian, akses data secara real time lebih terjamin.

  1. Mempunyai Sistem Redundan yang Handal

Pantas saja jika data center tier III layak menjadi andalan bagi sistem layanan pusat data. Dengan rangkaian pusat data tier III ini, kinerja sistem menjadi lebih responsif dan minim risiko seperti gangguan teknis atau kendala lainnya. Hal tersebut disebabkan karena terdapat sistem redundan yang mendukung kelancaran kinerja sistem.

Dalam pusat data tier III, sistem redundan yang tersedia adalah lebih kompleks dibandingkan tingkatan sebelumnya. Sistem redundan pada tier III ini memungkinkan untuk menonaktifkan sistem secara elektrik dan mekanik secara sementara waktu. Tujuannya adalah untuk kegiatan maintenance.

Dengan demikian, data center tingkat III ini bisa dibilang sudah mumpuni untuk penyimpanan dan pengelolaan data karena mempunyai insfrastruktur yang di-maintenancedengan baik. Sistem maintenance yang baik ini juga menunjang kinerja sistem agar memperkecil risiko dan mengatasi jika sudah terjadi risiko.

  1. Fleksibilitas Tinggi

Terlepas dari semua poin yang disebutkan di atas, data center tingkat III masih mempunyai kelebihan, sehingga menjadikan andalan setiap orang. Penyimpann dan pengelolaan data di pusat data yang terbaik tentu akan lebih utama. Anda bisa mengakses data dengan baik dan utuh kapan pun dan di mana pun. Tingkat fleksibilitas data sangat tinggi.

Dengan kemampuan pusat data yang canggih yaitu bisa diakses kapan saja dan di mana saja, tentunya Anda akan lebih mudah mendapatkan informasi dan melakukan komunikasi sesuai kebutuhan. Kecepatan layanan akses data akan meningkatkan perolehan informasi. Anda juga menghemat biaya risiko akibat keterlambatan akses data atau kehilangan data.

Demikianlah penjelasan dari setiap alasan mengapa data center tier III jadi infrastruktur yang mumpuni, sehingga bisa diandalkan. Hal tersebut sangat menarik dan bisa digunakan untuk menjamin penyimpanan dan pengelolaan data. Lintasarta adalah salah satu layanan pusat data yang infrastrukturnya sudah menggunakan tier III. Anda dapat menggunakannya.