Harga Aki Kering Murah Tidak Menjamin Kualitasnya, Perhatikan Dulu 5 Hal Ini Sebelum Membeli

Harga Aki Kering Murah Tidak Menjamin Kualitasnya, Perhatikan Dulu 5 Hal Ini Sebelum Membeli

Agar kendaraan bisa menyala ketika di starter maka membutuhkan aliran listrik yang berasal dari velg motor, sistem kelistrikan yang ada dalam kendaraan ini semuanya berasal dari sumber daya yaitu aki, tentunya onderdil atau sparepart yang satu ini tidak begitu asing di telinga Anda. Mengingat hampir semua kendaraan menempatkan adanya aki untuk dipakai menunjang semua daya kelistrikan, tak hanya untuk menghidupkan kendaraan saja, melainkan lebih dari itu juga ditujukan untuk membuat lampu hingga klakson dapat menyala. Gejala yang bisa dikenali ketika aki sudah mulai habis adalah lampu kendaraan yang nyalanya sudah mulai redup, begitu juga dengan klakson yang tidak sekeras biasanya. Hal ini membuat Anda harus segera mengisi ulang aki yang dipakai, sedangkan bagi yang menggunakan aki kering harus segera menggantinya dengan yang baru, harga aki kering ini kisaran 150an ribu rupiah ke atas.

Berbicara mengenai jenis aki yang umum dijual di pasaran sendiri memang tidak hanya ada satu jenis, melainkan ada 3 pilihan, diantaranya adalah aki basah yang umum dijumpai di pasaran atau yang dikenal sebagai aki cair, mengingat bentuknya seperti air. Ada pula jenis aki kering yang merupakan produk terbaru, versinya dalam bentuk bubukan dibentuk padatan lempeng, ketika sudah habis harus diganti dengan yang baru, bukan diisi seperti aki cair. Sedangkan ada pula jenis aki gel yang setengah padat namun juga setengah cair.

Harga aki kering ini sendiri memang lebih mahal dibandingkan dengan aki cair, namun masih lebih murah dibandingkan jenis aki gel. Bagi konsumen yang ingin mengganti aki dari seri cair ke gel untuk kendaraan juga bisa, namun selektif dalam menjatuhkan pilihan karena tidak semua aki bagus untuk kendaraan Anda, berikut ini caranya:

  1. Belilah hanya di toko terpercaya, kebanyakan diantara produk yang asli memang dijual di toko yang terpercaya, mengingat tak jarang konsumen yang masih awam sering kali tertipu ketika asal membeli di toko-toko biasa, tampilannya mungkin sama, namun isi di dalamnya berbeda. Produk aspal ini juga dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan pasaran aslinya.
  2. Kenali dulu spesifikasinya, sebelum memutuskan untuk membeli aki, tak kalah penting adalah dengan mengecek kebutuhan kendaraan dan juga spesifikasi dari aki tersebut. Contohnya adalah dari segi voltage yang harus sama jika dibandingkan dengan ampere kebutuhan kendaraan tersebut, tidak lebih dan juga tidak kurang.
  3. Cek kapasitasnya, umumnya setiap merk menawarkan produk dengan kapasitas yang berbeda-beda, ada yang memang ditawarkan dengan kapasitas yang besar, sehingga masa pakainya lebih lama, namun juga ada yang ditawarkan dalam kapasitas kecil, masa pakainya tentu lebih pendek dibandingkan dengan berkapasitas besar.
  4. Pertimbangkan merk produk, bagaimanapun jika melihat dari segi kualitasnya tidak akan jauh-jauh dari hal yang satu ini, biasanya setiap merk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, semakin bagus merknya maka harga yang dibandrolkan juga kian mahal.
  5. Hindari pembelian jenis aki rekondisi, tak hanya ponsel saja yang banyak dijual dalam kondisi rekondisi, melainkan juga sparepart kendaraan ini, harga bisa jadi jauh lebih murah dibandingkan dengan yang asli, namun kualitasnya tidak begitu menjamin.

Cek juga tawaran harga aki kering  tersebut, pastikan hanya membeli yang sesuai dengan kapasitas keuangan Anda. Ingat bahwa yang murah juga belum tentu menjamin kualitasnya bagus.