4 Jenis Bahan yang Digunakan untuk Pembuatan Dompet Wanita

4 Jenis Bahan yang Digunakan untuk Pembuatan Dompet Wanita

Berbelanja untuk menyambut lebaran merupakan salah satu rutinitas yang telah menjadi budaya. Rasanya tidak lengkap jika tidak menggunakan barang-barang baru, selama masih diberikan rezeki. Dompet wanita dan juga tas salempang wanita merupakan 2 barang yang tidak ketinggalan. Ketahui jenis-jenis bahan yang digunakan sebelum Anda membelinya.

  1. Bahan Kulit

Bahan kulit yang digunakan pada tas dan dompet awalnya berasal dari kulit hewan buas yaitu ular dan juga buaya. Namun seiring perkembangan teknologi dan juga kerapuhan hewan-hewan langka, akhirnya pembuatan kulit untuk bahan tas beralih pada hewan ternak seperti sapi, domba, kambing, dan kerbau.

Kualitas bahan kulit yang digunakan akan berbanding lurus dengan harga jual dari dompet dan tas tersebut.  Dompet dan tas dengan bahan baku kulit dari ular atau buaya sudah mulai langka sehingga harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Dompet dan tas dengan bahan kulit yang berkualitas sama sekali tidak kaku dan sangat elastis.

  1. Bahan Sintetis

Bahan dompet dan tas dari kulit kemudian dibuat dengan harga lebih terjangkau yang dikenal dengan bahan kulit sintetis atau sering dibilang dengan sintetis. Dompet dan tas dengan bahan sintetis akan terlihat sama dengan bahan yang terbuat dari kuli hanya saja akan terlihat dari kualitas pemakaiannya.

Bahan sintetis terbuat dari dua jenis bahan yaitu bahan polyvinyl choride (PVC) dan juga bahan poliuretan (PU) . Kedua bahan ini memiliki kualitas yang berbeda. Bahan poliuretan (PU) yang kerap dikenal sebagai bahan kw dari kulit asli dan lebih banyak digunakan pada tas dan juga dompet kualitas medium yang beredar di pasaran seperti toko atau outlet distro.

  1. Bahan Polyester

Dompet dan tas dengan kualitas yang juga tahan lama adalah menggunakan bahan jenis  polyester. Karakteristik bahan  yang tebal membuat bahan jenis ini banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan dompet dan juga tas.

Kelebihan dari ketebalan yang ada pada bahan polyester yaitu lebih tahan terhadap bakteri, water resistant dan tidak mudah kusut atau melar. Jangka waktu pemakaian juga akan lumayan lama tergantung Anda dalam penggunaannya.

Dompet dan tas dengan bahan ini memiliki ketahanan terhadap proses kimia dry cleaning serta pelarut organic. Kelemahan bahan polyester tidak menyerap keringat sehingga mudah lembap dan berjamu.

  1. Denim

Bahan denim digunakan pada dompet dan juga tas salempang dengan model kekinian. Bahan denim ini merupakan inovasi terbaru dalam dunia fashion dompet dan juga tas. Kualitas yang ditawarkan bukanlah pilihan yang utama sebab tas dengan bahan ini hanya dipakai dalam jangka waktu yang singkat. Biasanya bahan denim hanya dijadikan kombinasi dari bahan lainnya.

Jenis dompet wanita dan tas salempang wanita yang Anda pilih, kualitas dan bahan yang digunakan akan berbanding lurus dengan harga. Anda tetap harus berhati-hati jangan mudah percaya dengan harga yang mahal terlebih jika berbelanja secara online. Agar Anda tidak tertipu ada baiknya Anda menyelidiki dulu website dari toko online tersebut.